Jumat, 09 Maret 2012

Perilaku Konsumen - Part 4

*contoh soal:
Rita menganggarkan rp 200.000,- setiap bulannya untuk membeli VCD dan nonton bioskop. Harga per unit VCD adalah Rp 20.000,- dan harga tiket masuk bioskop adalah Rp 10.000,-. Rita mempunyai dua tingkat kepuasan konsumsi sehubungan dengan kombinasi VCD dan nonton bioskop, sebagai berikut :
Semakin majunya teknologi, harga jal VCD semakin menurun hingga sekarang menjadi Rp 10.000,- per unit. Atas dasar informasi tersebut tentukan kurva permintaan VCD bagi Rita.
**Penyelesaian:
Atas dasar informasi yang diperoleh dari kurva garis anggaran dan kurva indiferen dapat ditunjukan bahwa Rita akan memperoleh kepuasan maksimum dengan menonton 10 kali membeli 5 buah VCD sebagaimana terlihat pada gambar berikut : 


Kemajuan teknologi yang menurunkan harga VCD menjadikan keadaan keseimbangan berubah. Efeknya VCD menjadi lebih meningkat ratting kepuasannya karena saat ia mengkonsumsi 8 kali nonton bioskop dan membeli 12 unit VCD. Atas dasar keadaan dua keseimbangan tersebut, perubahan harga dan jumlah VCD yang diminta disarikan dalam table berikut :
Dari table tersebut dapat diturunkan kurva permintaan terhadap VCD sebagai berikut:


sumber : Buku Paket "ECONOMICS - pengantar Mikro dan Makro oleh ISKANDAR PUTUNG".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman

About

want to know me? ask Fikri Mulkan XD♥
Twitter Widgets
Powered By Vistaprint