Jumat, 09 Maret 2012

Perilaku Konsumen - Part 2

Bagaimana jika yang berubah sekarang bukan tingkat harga, melainkan tingkat pendapatan?  Sebagaimana telah dipaparkan di bab terdahulu, permintaan akan bergeser ke kiri atau ke kanan (shift the dermand curve) tergantung apakah tingkat pendapatan naik atau turun?
Bila titik-titik D, E, F dapat dihubungkan menjadi 1 garis, hasil yang diperoleh dikenal sebagai Income Consumption Curve (ICC) yang menunjukan keseimbangan konsumen karena perubahan tingkat harga tetap. Pada gambar bagian bawah pada Gambar 4.6 ditunjukan bahwa titik D, E, F berlaku pada 1 tingkat harga komoditas X, sehingga dapat dilihat terjadinya perubahan (shift) kurva permintaan!
Dari kurva ICC ini dapat dibentuk Kurva Engel yang menggambarkan hubungan antara pendapatan dengan jumlah komoditas yang diminta. Ernest Engel adalah orang yang pertama yang mengamati hubungan perubahan tingkat pendapatan terhadap jumlah komoditas yang dikonsumsi. Dalam kurva Engel sebagai sumbu vertical adalah pendapatan sebagai sumbu horizontal adalah kuantitas. 


sumber : Buku Paket "ECONOMICS - pengantar Mikro dan Makro oleh ISKANDAR PUTUNG".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman

About

want to know me? ask Fikri Mulkan XD♥
Twitter Widgets
Powered By Vistaprint